img

Situ Patenggang Bandung Selatan

Situ Patenggang Bandung Selatan
GambarIndonesia.com |

Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis. Mereka berpisah untuk sekian lamanya. Karena cintanya yang begitu mendalam, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta". Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati (Pulau Asmara /Pulau Sasaka). Menurut cerita ini, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh.

Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Situ Patenggang situ patenggang ciwidey glamping 2017 hotel lake resort tiket masuk pinisi lakeside villa jam buka restoran camping ground baru kapal bandung prewedding berapa harga angker adalah alamat akses dari atas atau patengan agustus 2015 artikel arah about wikipedia blog bayar batu cinta selatan bahasa sunda 2014 jawa barat bdg bndung indonesia cerita calung darso peta cottage danau wisata mitos legenda lokasi misteri kawah putih di dimana dan daerah mana dingin dekat ke jalur jakarta cara dalam inggris sejarah sasakala rute mp3 download entrance fee explore english situpatenggang film foto fasilitas ftv fhoto google map garut gambar gabus geologi htm pagi hari 2016 hantu history in is image info ikan informasi jalan tutup jarak pantai jayanti juli jln kontak kuliner keunikan & kebun teh rancabali (ciwidey) kaasup dongeng ciwidey-situ patenggang-kawah kisah keindahan kedalaman kawasan kawih karcis kelebihan location lirik letak lagu basa mancing mnc tv menuju 

BLOGNEWS

Legenda rakyat Gunung Tangkuban Perahu

Legenda rakyat Gunung Tangkuban Perahu
Asal-usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati.

Gunung Dieng

Gunung Dieng
Salah satu gunung yang sangat fenomenal di Pulau Jawa yaitu Gunung Dieng. Dalam ilmu geografi yang dipelajari di sekolah umum, Gunung Dieng lebih dikenal dengan nama dataran tinggi Dieng, walaupun sesungguhnya ketinggian Gunung Dieng masih berada pada 2.093 meter diatas permukaan laut.

Back to top